Disabilitas Intlektual Dilatih Membatik Di Blitar


Blitar.deliknews – Perlu adanya perhatian untuk penyadang disabilitas intlektual, Pemerintah Kabupaten Blitar bersama Balai Besar Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini menggelar pelatihan kepada para penyandang disabilitas intelektual di Desa Soso, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Disini ratusan warga disabilitas dilatih membatik tulis pola ziprat yang banyak dipakai untuk seragam batik pegawai pemerintah.

Kegiatan pelatihan membatik kali ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo dan merasa senang sekaligus bersyukur atas kegiatan tersebut.

“Luar biasa sekali pada BBRSPDI atas diselenggarakanya workshop pelatihan ini, mendampingi warga disabitas di Kabupaten Blitar,” kata Wabup Marhaenis, Kamis (21/3).

Henis-sapaan akrab Wabup Blitar mengatakan kalau warga disabilitas yang kini punya keahlian membatik ini membuat pemerintah daerah termotivasi untuk memasarkan produknya.

“Kita sudah menyerap produk hasil karya warga disabiltas ini. Saat ini pegawai di kelurahan atau kecamatan sudah memakai batik buatan itu,” ujarnya.

Sementara, Kepala BBRSPDI Kartini di Temanggung Muharjani yang hadir di acara ini mengatakan kalau kegiatan pelatihan kepada warga disabilitas sosial ini perlu dilakukan. Sebab dari pengamatannya selama ini kalau disabiltas ini sering dikucilkan dalam masalah lapangan pekerjaan dan dekat dengan garis kemiskinan.

“Maka dari itu penting sekali peran dari dinas sosial pemerintah daerah untuk memperhatikan. Seperti kegiatan pelatihan ini perlu untuk diadakan terus,” ujarnya.

Muharjani berharap agar selanjutnya pemeintah daerah semakin memaksimalkan lagi selain dari melakukan pelatihan.

“Termasuk membantu memasarkan produk ke luar daerah. Karena batik mereka ini juga mengangkat kearifan lokal,” pungkasnya.(hms)


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *