Bupati Blitar Hadiri Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 Di Mapolres Blitar


Blitar.deliknews – Bupati Blitar Rijanto, Jumat (22/3/2019) menghadiri simulasi pengamanan pemilu di Mapolres Blitar, guna melihat sejauh mana kesiapan dari pihak kepolisian untuk pemilihan serentak  pada 17 April 2019 mendatang.

Acara di awali dengan apel kesiapan dan dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha, yang diikuti beberapa elemen seperti TNI dari Yon 511, personil Kodim 0808 Blitar, Dalmas Polres blitar, Satpol PP Kabupaten, Linmas, Satpam, ORARI, Senkim, dan Banser.

Hadir pula dalam kegiatan itu, Komandan kodim 0808 Blitar, Komandan Yon 511, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan Ketua Partai peserta pemilu, Tokoh Agama, tokoh pemuda, Kapolsek jajaran polres Blitar, Dan Ramil Jajaran kodim 0808 Blitar.

Dalam amanahnya, Kapolres Blitar Anissullah M. Ridha mengatakan, “Pelaksanaan apel gelar pasukan ini dimaksudkan mengecek kesiapan pengamanan Pemilu 2019 dan dilaksanakan secara serentak diseluruh jajaran Kepolisian RI, dan persiapan pengamanan Kampanye secara terbuka yg akan digelar mulai tanggal 24 Maret 2019,“ ungkapnya.

Anis menambahkan, dalam simulasi ini polres Blitar melibatkan kurang lebih sekitar 500 peseonel gabungan dari Polisi, TNI serta Banser. “Pemilu harus berjalan dengan aman, lancar dan sukses. Jangan sampai kita terpecah belah karena isu dan hoaks,” tegas Anis.

Sementara itu, Bupati Blitar Rijanto menuturkan,“Pemkab Blitar sudah mengawali kesiapannya untuk juga ikut mengamankan pemilu serentak nantinya dengan melibatkan Satuan Tugas Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dengan menggelar kesiapan personil pada acara upacara hari ulang tahun Satpol PP, Damkar dan Satlinmas pada hari yang lalu,“ tuturnya.

Selain itu, menurut Bupati, melalui Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Blitar juga sudah berkali – kali mengadakan sosialisasi untuk mewujudkan Pemilu 2019 Yang Aman, Damai, Demokratis dan Bermartabat.

“Pemerintah Kabupaten Blitar mendukung penuh jalanya pesta demokrasi ini, yang mana dengan beberapa kali kita menggelar acara sosialisasi bersama dengan Partai Politik peserta pemilu, Bawaslu, KPU cecara terbatas maupun tidak terbatas yaitu dengan menggelar sosialisasi melalui panggung hiburan,“ tandas Rijanto.

Selesai gelar pasukan, acara dilanjutkan dengan kegiatan simulasi pengamanan giat di TPS dan pengamanan saat terjadi kerusuhan pasca pungut suara.(hms)


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *