Soal Pemilu, Bupati Himbau ASN Netral Dan Masyarakat Jangan Golput


Blitar.deliknews – Bupati Blitar Rijanto, menilai aparatur sipil negara (ASN) atau PNS di lingkungan Pemkab Blitar sudah memahami aturan main terkait netralitas dalam pemilihan umum (pemilu).

Sehingga meskipun tidak diingatkan, ASN sudah paham akan rambu-rambu yang tidak boleh dilanggar saat pesta demokrasi baik pilpres, maupun, pemilihan legislatif, berlangsung.

“Saya sudah berpesan netralitas ASN itu harus tetap di jaga, namun juga perlu diingatkan. Mereka (ASN) susah paham mana yang boleh dan mana yang melanggar,” kata Bupati Blitar usai membuka acara Musrembang di wisata kampung coklat, Rabu (20/3/2019).

Sebagai pembina ASN, Rijanto mengaku tidak harus keras dalam mengingatkan soal aturan termasuk terkait netralitas. Sebab, jika bersikap keras bukan tidak mungkin justru akan berbalik menimbulkan antipati.

Pada umumnya soal netralitas ini sudah sering digembar-gemborkan. Jadi tak perlu ada kekhawatiran berlebihan ASN bakal terseret dalam arena politik praktis menjelang pemilu, mengingat sanksinya sudah sangat jelas.

Kalaupun nanti ada ASN yang melanggar aturan, ujar Rijanto, akan ada lembaga berwenang dalam hal ini Bawaslu yang akan menindaknya. Dia percaya Bawaslu tidak akan tinggal diam ketika ada ASN yang tidak netral.

Sebagai lembaga pengawas mereka berkewajiban menjaga penyelenggaraan pemilu maupun pileg yang aman, bebas dari intervensi, dan tanpa keberpihakan dari siapapun termasuk ASN.

“Saya juga akan ketat melakukan pengawasan, tinggal kita sama-sama jaga dan terus kita pantau ,” ujar orang nomer satu di lingkup Pemkab Blitar itu.

Meskipun begitu, Bupati Blitar lebih bersikap mengingatkan dan memberi contoh daripada harus melarang-larang lewat jalur intruksi. Sebab setiap ASN memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga jangan sampai muncul anggapan bahwa ASN tidak tahu aturan.

“Kalau sikap organisasi berbeda wajar dan itu dinamika, serta pandangan soal netralitas ASN harus kita jaga,” tuturnya.

Terakhir, untuk 17 April 2019 nanti, ia menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Blitar yang sudah memenuhi untuk pemilihan, agar dapat datang ke TPS dan jangan sampai tidak datang alias golput.“ tutupnya.(hms)


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *