“Performance Based Budgeting“ Itu Himbauanya Bupati Blitar Dalam Musrembang


Blitar.deliknews – Musrembang adalah salah satu Penyempurnaan Rancangan RKPD sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Bupati tahun 2020. Dengan mengangkat Tema  “Memantapkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Daya Saing Daerah dan Kesejahteraan Rakyat” Pemkab Blitar melalui BAPPEDA mengadakan Musrembang di Hall Forastero Kampung Coklat Blitar, Rabu (20/3/2019).

Musrenbang dibuka oleh Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM, yang sebelumnya diawali sambutan dari Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto dan Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Indah Wahyuni SH MSi.

Adapun sebagai narasumber, yaitu Willianto P Siagan dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dan Kepala Bappeda Kabupaten Blitar Ir. Suwandito.

Menurut Bupati Blitar dalam amanahnya, kegiatan Musrembang ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi amanat Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengamanatkan adanya penyempurnaan sistem perencanaan dan penganggaran nasional, baik pada proses dan mekanisme maupun terhadap pelaksanaan musyawarah perencanaan di tingkat pusat dan daerah.

Selain itu, Tujuan diadakan Musrenbang RKPD Kabupaten Blitar tahun 2020 adalah menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, indikator, target kinerja dan lokasi serta pagu indikatif, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi, tersusunnya daftar kegiatan prioritas kecamatan yang akan direalisasikan dalam perencanaan penganggaran Tahun 2020 yang dituangkan ke dalam berita acara Musrenbang. Sehingga keselarasan, hal yang harus dipahami dalam musrenbang adalah supaya nantinya yang masuk dalam RKA mempunyai nilai Performance Based Budgeting atau penganggaran berbasis kinerja, yang setiap rupiah yang dianggarkan dapat dipertanggungjawabkan,“ itu kata Rijanto dalam sambutanya.

Dalam kesempatanya pula, ia berharap, penganggaran yang berbasis kinerja itu, nantinya akan meningkatkan pelayanan publik  dan memperkuat dampak pada peningkatan kepada pelayanan publik. Hal ini supaya dilaksanakan secara konsisten dan dimulai sejak dini.

Selanjutnya, dalam rancangan awal RKPD tahun 2020, ada 4 prioritas pembangunan. yaitu, penangulangan kemiskinan dan pengangguran, pemenuhan dan peningkatan kwalitas infrasturktur dasar, peningkatan daya saing ekonomi masyarakat dengan pengembangan UKM, industri kecil dan koperasi yang berbasis pada pertanian dan pariwisata dan anggran Pilkada tahun 2020.

Saat ini kabupaten Blitar berkembang ekonomi berbasis wisata. Jadi nanti kalau jalan bagus maka wisatawan semakin bertambah. Maka dari ini kita imbau agar OPD yang mendapat usulan dari musrenbang sudah seharusnya memasukkannya menjadi rencana kerja.

Sebagaimana diadakan Musrenbang hari ini adalah merupakan langkah awal dimana perencanaan partisipatif yang dilaksanakan dengan baik dan lebih serius mulai dari tingkat desa hingga tingkat kabupaten telah menginspirasi berbagai pihak bahwa melalui Musrenbang tumbuh keberanian masyarakat untuk menyampaikan pendapat, kritik, saran bagi keberhasilan pembangunan Kabupaten Blitar.,” tutup orang nomer satu di Pemkab Blitar dalam pidatonya.(hms).


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *