Pastikan Tim Penilai Lomba Desa Berjalan Lancar, Wabub Lakukan Sidak


Blitar.deliknews – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar untuk mendorong usaha Pembangunan Masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa selama satu tahun, maka diadakan lomba desa tahun 2019, Oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Kegiatan ini diikuti oleh 22 Kecamatan, masing – masing kecamatan diwakili 2 desa, yang nantinya akan dipilih 1 sebagai pemenang untuk mewakili tingkat Kabupaten dan dari 22 desa yang mewakili dinilai untuk menjadi 1 pemenang mewakili selanjutnya tingkat provinsi dan seterusnya. Hal ini sudah ke – 3 kalinya diadakan selama perlombaan itu diadakan.

Menurut Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo, Pemkab Blitar untuk merangsang desa agar lebih berkompetitif dan inovatif, maka disediakan banyak hadiah. Adapun hadiah bagi pemenang tingkat Kecamatan, maka akan diberi hadiah satu buah mobil operasional dan ratusan juta uang pembinaan untuk tingkat Kabupaten.

foto : Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo, saat melakukan sidak tim penilai lomba desa di Desa Kendalrejo

“APBD Kabupaten Blitar sudah menyiapkan 22 unit mobil operasional untuk pemenang tingkat Kecamatan dan ratusan juta uang pembinaan untuk tingkat Kabupaten,“ ungkapnya saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) untuk mensuport tim penilai lomba desa di Desa Kedalrejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Senin (18/3/2019)

Selain itu, Wabup Blitar berpesan, agar tim penilai benar – benar fair dalam menilai, sehingga hadiah yang telah disediakan pemerintah tepat sasaran.

“Semua kita serahkan pada tim penilai, tentunya tim sudah mempunyai gambaran untuk mengakumulasi penilaian dari kreteria yang ditetapkan untuk menjadi pemenang,“ imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas (DPMD), Mujianto, membeberkan. Dari hadiah yang disediakan oleh Pemkab Blitar, ini merupakan hadiah terbesar dari daerah lain. Hari ini hari yang ke – 3 untuk mengevaluasi perkembangan desa dan ada 2 desa yang sedang berlangsung penilaian oleh tim penilai yaitu, Desa Sukosewu Kecamatan Gandusari dan  Desa Kedalrejo Kecamatan Talun.

foto : Mujianto Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Blitar, di Desa Kendalrejo bersama tim penilai lomba desa.

“Pemerintah Kabupaten Blitar tidak segan menggelontorkan APBD dalam lomba desa ini. Bahkan pemerintah Kabupaten Blitar sudah menyiapkan hadiah utama mobil bagi desa pemenang,“ ucap Yanto.(hms)


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *