Kurangi Angka Pengangguran, Begini Cara Bupati Blitar


Blitar.deliknews – Untuk mengurangi angka kemiskinan dan penanggulangan pengangguran utamanya masalah ketenagakerjaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Tranmigrasi, mengadakan Job Market Fair Mini, Jumat (15/3/2019).

Menurut Bupati Blitar Rijanto, program ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunya diadakan empat kali dalam setahun. Dimana setiap tahunya, tiga kali untuk Job Fair Mini yang diikuti oleh perusahaan swasta lokal dan sekali untuk Job Fair Reguler yang diikuti oleh perusahaan Nasional maupun BUMN.

“Hari ini ada 25 Perusahaan, baik dari BUMN maupun swasta, yang tujuanya untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan pengguna kerja dan mereka dapat memilih perusahaan secara langsung dan dirasa cocok untuk dirinya (pencari kerja),“ terang Bupati.

Rijanto juga menambahkan, bahwa kabupaten Blitar merupakan daerah agraris bukan daerah indrustri, sehingga kesempatan kerja yang paling banyak adalah sektor pertanian. Hal ini kurang diminati oleh penganggur atau pencari kerja. Solusinya, harus diciptakan pengembangan kewirausahaan serta penyuluhan dan penyeberan informasi tentang Antar Kerja Lokal (AKL), Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) maupun Antar Kerja Antar Negara (AKAN).

“Dibukanya informasi lapangan pekerjaan seluas – luasnya, maka diharapakan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dengan begitu, kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Blitar meningkat,“ imbuhnya.

Sementara, Kepala Disnaker Kabupaten Blitar Haris Susianto mengatakan, Agenda kegiatan terbesar adalah di bulan September yang bertepatan dengan hari Pencari Kerja Nasional, yakni job fair Reguler. Dia mengimbau masyarakat agar datang ke job fair reguler karena disini ada perusahaan besar terkemuka nasional mengikuti kegiatan tersebut.

“Di Job Fair Reguler, nantinya akan kita datangkan banyak perusahaan nasional dan akan kita tingkatkan jumlahnya. Sehingga, perlu tempat yang luas dan nanti akan kita gelar di Pendapa Sasana Adhi Praja, Kantor Pemkab Blitar, Kanigoro,“ ungkapnya.

Terakhir, dari data yang dihimpun deliknews menunjukan bahwa, dari data Badan Pusat Statistik Nasional (BPSN), Sensus Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Tahun 2018, jumlah angkatan kerja 638.460 orang, penganguran 21.508 orang dan bekerja 616.952 orang, dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 3,37% (Jawa Timur 4,10% dan Nasional 5,34%). Sedangkan kelulusan tingkat SLTA maupun perguruan tinggi cukup banyak tingkat kelulusanya dan menimbulkan angka pengangguran juga cukup banyak, namun tahun demi tahun sudah mengalami penurunan.(hms)


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *