DESA KEMIRIGEDE SEBUAH KAWASAN WISATA YANG MENAMPILKAN KEINDAHAN HUTAN


Blitar.deliknews – Kemirigede adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Desa Kemirigede hanya memiliki 2 Dusun yaitu Dusun Kemirigede dan Dusun Sumbersari.

Kemirigede tidak hanya sebuah desa, namun memiliki obyek wisata alam yang indahnya luar biasa. Adapun obyek wisata tersebut adalah Hutan Pinus Gogoniti, Taman Ayu Gogoniti dan Wisata Kampung Gogoniti.

foto : salah satu tempat spot di wisata lereng hutan pinus gogoniti
foto : spot depan di lokasi wisata Taman Ayu Gogoniti.
foto : mainan anak – anak yang ada di Taman Ayu Gogoniti
foto : Kampung Gogoniti salah satu lokasi wisata yang ada di Desa Kemirigede, Kesamben, Kabupaten Blitar.

Tak hanya sampai disitu, pembangunan infrastrukturpun dengan tajuk destinasi wisata mulai dilakukan. Dengan bekal jejaring kepala desanya, baru – baru ini di bangun sebuah embung yang kontruksinya mengarah pada destinasi wisata.

Sedangkan proyek tersebut merupakan hasil jejaring dari Anggota DPR RI Komisi IX dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ir Budi Yuwono, yang biayanya bersumber dari APBN sebesar Rp 11 miliar.

foto : lokasi embung yang sedang tahap pembangunan, yang nantinya sebagai obyek wisata air.

“ Selain bermanfaat untuk cakupan irigasi, kedepan diharapkan mampu untuk menjadi sebuah obyek wisata air, “ ucap Kepala Desa Kemirigede, Hari Purnawan, Selasa (5/2/2019).

Keberadaan embung tersebut tidak hanya berdampak pada Desa Kemirigede saja, namun nantinya juga akan memberikan dampak positif desa-desa yang berada di bawahnya, dan berguna disaat musim kemarau tiba.

“ Embung ini akan bermanfaat bagi desa-desa di bawahnya, seperti Desa Tepas, Desa Pagerwojo dan Desa Kesamben, untuk pengairan persawahan dan memperpanjang masa tanam di musim kemarau, “ tambah Hari.

Didalam pengembangan nantinya, ia juga mengatakan, awal setelah peresmian, pihaknya akan menabur benih ikan. Yang mana kalau sudah tumbuh besar ikan – ikan itu, diadakan lomba memancing dan sekaligus dari itu sebagai pengenalan lokasi. Untuk keindahan lokasi, nantinya juga akan di supprot melalui dana desa sebagai pengembangan lokasi.

“ Selain area lokasi, utamanya akses jalan menuju ke lokasi yang akan kami dahulukan. Pasalnya kondisi sekarang ini, masih belum layak untuk akses ke sebuah kawasan wisata. selain berlumpur di musim hujan, juga sempit, “ tutur kepala desa dua periode itu.

Harapan kedepan, Desa Kemirigede akan disulap menjadi sebuah kawasan wisata. Tentunya tak semudah membalikan telapak tangan, menarik investor agar mau menanamkan modalnya ke Kemirigede perlu sebuah kepercayaan (trust). Selain itu, peran aktif masyarakat sangat diperlukan guna tercapainya cita – cita. Didukung geografis Kemirigede hampir sama dengan daerah Kota Batu, hutan pinus mendukung sebagai obyek kawasan wisatanya. “ tutup Hari yang juga sebagai usahawan material setempat.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *