Tak Terima Namanya Diganti, Calon DPD RI Nomer Urut 39 Dapil Jatim Lapor Bawaslu


0
9 shares

Blitar – Tidak terima namanya dirubah di postingan facebook, calon anggota DPD Mohammad Triyanto melapor ke Bawaslu Kabupaten Blitar beberapa hari yang lalu. Pihaknya merasa dirugikan dengan postingan facebook salah satu Calon Anggota DPD RI nomor urut 29, Andi Yuwono.

Dalam postingan surat suara untuk anggota DPD RI yang diupload Andi, gambar Mohammad Triyanto di nomor urut 39 diganti namanya menjadi Mohammad Qodri.

Saat di hubungi melalui media whatsapp, Mohammad Triyanto Calon Anggota DPD RI Daerah Pilihan Jawa Timur Nomor Urut 39, Sabtu (29/12/2018) mengatakan,

“ Hal ini saya merasa dirugikan, karena pergantian nama saya telah disebarluaskan di media sosial melalui Facebook. Saya sudah melaporkan Andi Yuwono ke Bawaslu, atas dugaan kampanye hitamnya. Dan ini jelas sebagai pelanggaran Pemilu, ” jawabnya.

Ia, juga menambahkan, ” Saya juga telah dimintai keterangan dari pihak Bawaslu dan menunggu hasil pemeriksaan yang telah dilakukan Bawaslu untuk di tindak lanjuti, ” terangnya.

Mengutip pernyataan Abdul Hamkam Sholahudin Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar di koran Jawa Pos, terkait laporan M. Trijanto menerangkan,

” Beberapa hari yang lalu, kami menerima laporan adanya Black Campaign. Nah, untuk mengetahui apakah adanya dugaan itu benar atau tidak kita akan melakukan klarifikasi kepada orang yang dianggap mengungah pergantian nama tersebut, ” ucap Hamka.

Dari hasil klarifikasi itu, didapatkan, dari hasil keterangan sementara terlapor Andi Yuwono, adanya perubahan nama Mohamad Triyanto menjadi Mohamad Qudri terjadi akibat kesalahan cetak surat suara yang dilakukan pihaknya. Hal ini menurut Andi tidak ada unsur kesengejaan atau menggati nama.

” sementara ini dari hasil klarifikasi keterangan terlapor tidak ada unsur kesengajaan, melainkan salah cetak dari percetakanya. Dan mengenai hasil putusan Bawaslu akan kami sampaikan tanggal 31 desember besok, ” ujarnya.


Like it? Share with your friends!

0
9 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *